√ Inilah Kebiasaan Orang Sunda yang Wajib Anda Ketahui

Sudahkah anda tahu siapa itu orang sunda? Mereka merupakan kelompok etnis yang berasal dari provinsi jawa barat, Indonesia. Masyarakat sunda sendiri memiliki keunikannya tersendiri. Tertarik mengetahui kebiasaan orang sunda sehari-hari? Berikut beberapa kebiasan orang sunda.  

Seperti yang kita tahu, bahwa Indonesia terdapat berbagai macam suku termasuk dengan suku sunda. Setiap suku tentu memiliki kebiasaan yang berbeda dan sangat menarik untuk anda ketahui. Salah satu keunikan dari suku Sunda dilihat dari pakaian adat sunda dan rumah adat . Karena itu, kami akan mengupas tuntas kebiasaan orang sunda yang sangat perlu anda ketahui.

Kebiasaan Orang Sunda Terlengkap

Orang sunda memiliki kebiasaan yang baik dalam mewujudkan persaudaran indah. Apa saja kebiasaaanya? Berikut lebih jelasnya ada dibawah ini. 

  1. Ramah Senyum Dan Sopan

Kebiasaan orang sunda

Tidak dapat dipungkiri, dalam kehidupan bermasyarakat ini alangkah baiknya untuk ramah terhadap sesama. Orang sunda, sudah sangat terkenal akan sifat ramah senyum dan sopan terhadap semua kalangan. Kebiasaan ini sudah dimulai sejak dahulu dan terus di terapkan.

Dalam setiap pribadi orang sunda, sudah melekat filosopi “ Someah Hade Ka Semah” yang berarti ramah, bersikap baik pada semua , menjaga , menjamu serta membahagiakan tamu yang dapat. Dengan begitu, nilai kebersamaan akan selalu tersampaikan lebih baik.

2. Berbicara Dengan Nada Romantis

Kebiasaan orang sunda

Kebiasaan unik orang sunda ialah memiliki nada bicara yang romantis. Logat ini tentu sebagai kebiasaan yang sudah ada sejak dahulu. Contoh kecilnya saja, saat sedang disapa maka akan membalas dengan nada yang halus terlebih saat pada lawan jenis.

Salah satunya yaitu “ Punten aa” atau “ Neng Geulis pisan” sangat romantis jika dikatakan langsung oleh orang sunda. Memang, hal ini merupakan logat yang hanya dimiliki oleh orang sunda. Dijamin, perkataan ini dapat membuat lawan jenis semakin terpana.

3. Memiliki Kreativitas Dan Inovasi Yang Tinggi

Kebiasaan orang sunda

Berbicara mengenai orang sunda, tentu berkaitan pula dengan kota Bandung. Siapa sih yang tidak mengenal kota Bandung? Sudah pasti, hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenalnya. Terlebih, dengan berbagai macam inovasi dan kreativitas yang sangat tinggi.

Kota Bandung, terdapat berbagai macam fasilitas maupun kebutuhan umum yang sangat unik. Terlebih, dengan geraknya para pemuda urang sunda yang bersemangat mengubah kota Bandung lebih cantik. Dengan begitu, sudah jelas urang sunda sangat kreatif kan !

4. Penambahan Kata “ Teh” Dan “Mah”

Kebiasaan orang sunda adalah adanya penambahan pada perkataanya. kerap kali mendengar orang sunda berkata dengan tambahan “teh” atau “mah”. Seperti pada kalimat “ Saha sia teh? “ Atau “Kumaha atuh mah”. Nah, dari kalimat sederhana tersebut sangat jelas bukan?

Menariknya, tidak ada perubahan arti meskipun terdapat penambahan kata. Hal ini menjadi begitu unik dan hanya bagus serta tepat dilakukan dalam bahasa sunda. Orang sunda sudah terbiasa dengan penambahan ini dan dianggap sebagai keunikan tersendiri.

5. Jarang Yang Merantau

Apakah benar orang sunda jarang yang merantau? Ternyata memang benar demikian. Lantas mengapa hal ini terjadi? Faktanya, sudah kebiasaan orang sunda ingin mengabdi di daerahnya serta dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi Jawa Barat.

Selain itu, justru di daerah seperti Bandung yang merupakan ladang untuk berdagang. Karena , memang kota Bandung merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak di cari. Jadi, kenyamanan dan pengabdian dari orang sunda memang patut di apresiasi !

6. Nama Yang Sangat Khas

Ketahuilah, orang sunda memang memiliki nama yang sangat khas. Sudah pasti, anda banyak yang mendengar mengenai nama “ Asep” ,”Cecep”, “Eulis” maupun “Dede”. Kebiasan orang sunda jaman dahulu memberikan namanya begitu.

Nama tersebut tentu masih sering digunakan sampai sekarang. Untuk nama “Asep” sendiri diambil dari kata “Kasep” yang artinya ganteng. Jadi, dengan penamaan itu diharapkan akan menjadi laki-laki yang ganteng serta menjadi primadona bagi para wanita.

7. Hidup Di Bawa Santai

Kebiasaan orang sunda

Kehidupan jika terus-terusan di pikirkan memang hanya membawa beban saja. Karena itu, orang sunda sendiri memiliki keunikan dalam membawa hidup yang lebih unik. Yaitu dengan santai namun tetap bekerja, dengan begitu akan tetap seimbang.

Orang sunda sendiri tidak gengsi dalam melakukan pekerjaanya. Artinya, semua pekerjaan yang halal dan memang dapat menghasilkan akan dikerjakan Kebiasaan ini mtelah diletarikan sejak dahulu guna memberikan pemahaman benar mengenai kehidupan ini.

8. Jagonya Akronim Kuliner

Kebiasaan orang sunda

Akronim merupakan kependekan berupa gabungan huruf maupun suku kata. Ternyata, orang sunda ini jagonya membuat akronim. Tidak percaya? Anda dapat melihat secara langsung beberapa kuliner seperti Cilok yang berarti aci dicolok.

Akronim yang dihasilkan sendiri sangatlah unik dan begitu mudah didengar oleh masyarakat. Salah satunya cilok tasik yang sudah terkenal di beberapa kota. Akang cilok ini berkeliling dengan memberikan nama dagangan dengan akronim yang sangat populer.

9. Marahnya Tidak Kelihatan

Ternyata, kebiasaan orang sunda yang satu ini sangatlah unik. Dimana, orang sunda jika marah memang tidak seperti sedang marah. Jadi, akan terlihat normal seperti biasanya. Berbeda dengan beberapa orang luar sunda yang sangat terlihat ketika sedang marah.

Namun, hal inilah yang baik dalam kehidupan bermasyarakat karena tidak menimbulkan masalah lebih lanjut. Meskipun begitu, alangkah baiknya untuk tidak memicu terjadinya permasalahan. Karena, orang yang sabar terkadang memiliki batasnya masing-masing.

10. Religius

Sebagai pondasi dalam kehidupan, agama tentu sangat perlu diperhatikan. Orang sunda asli sangat tepat waktu dalam melaksanakan ibadahnya. Karakter agama ini sudah diturunkan sejak dahulu dan menjadi kebiasaan orang sunda yang wajib untuk dilakukan.

Menjalankan perintah dari Allah SWT tentu harus menjadi kewajiban yang harus selalu ditepati. Tidak ada kata “mendahulukan lainnya” dibanding dengan menjalankan ibadah. Karena, orang sunda memiliki sifat religius dan sangat tepat waktu dalam beribadah.

11. Menjunjung Tinggi Adat Istiadat

Orang sunda sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang ada seperti pakaian sunda yang menjadi primadona setiap masyarakat. Pakaian adat sunda sendiri sangat cantik dan disukai masyarakat. Terlebih, perkembangan teknologi memberikan hal positif bagi adat istiadat.

Hal ini sangat baik untuk memperkenalkan adat istiadat ke berbagai macam belahan dunia. Orang sunda dengan senang hati akan membantu anda dalam memberikan pemahaman mengenai adat istiadat yang ada. Memang, kebiasaan adat sunda sangat bertoleransi tinggi !

12. Cinta Persib Bandung

Kurang lengkap rasanya, jika orang sunda belum cinta dengan persib. Hal ini merupakan suatu kebiasaan yang sudah berkembang sejak lama. Persib dilambangkan sebagai mahkota bagi kota bandung dan orang sunda. Mendukung tim kesayangan tentu menjadi bangga.

Persib yang sekarang harus tetap menjadi yang lebih baik. Dimana, orang sunda akan senantiasa membantu memberikan loyalitasnya. Semangat yang diberikan oleh orang sudah tidak akan pernah luntur sedikitpun dari waktu ke waktu. Orang sunda, ya cinta persib !

Begitulah beberapa kebiasaan orang sunda yang memang sudah berjalan dari dahulu. Kebiasaan yang baik akan berdampak pada hasil berkualitas. Orang sunda memiliki kebiasaan yang sangat unik dan loyalitas tinggi. Jadi, sudah jelas bahwa orang sunda itu unik, menarik serta sangat asyik.

Source : lamosea.com

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: