√ Serunya Hidup di Era Digital

Sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita istilah “Era Digital”. Ya benar, era yang mampu mengantarkan kita untuk mengeksplorasi dunia. Perkembangan dunia teknologi saat ini makin pesat ke arah serba digital. Seiring perkembangan jaman, teknologi yang menjadi buah hasil dari ilmu pengetahuan tersebut semakin mendapatkan tempat yang nyaman di hati para penikmatnya.

Era digital telah membuat manusia memasuki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi menjadi alat yang membantu kebutuhan manusia. Dengan teknologi apapun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Begitu pentingnya peran teknologi inilah yang mulai membawa peradaban memasuki ke era digital.

Seperti telah kita ketahui bahwa Tuhan menciptakan sesuatu di dunia ini dengan berpasang-pasangan. Begitupun di era digital ini yang telah membawa berbagai dampak positif yang bisa Anda gunakan sebaik-baiknya, namun era digital juga memiliki banyak dampak negatif. Sehingga ini menjadi tantangan di era digital. Berbagai tantangan era digital yang memasuki berbagai bidang seperti  politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan, dan teknologi informasi.

Menurut Rhenald Kasali, setiap manusia dianugerahi oleh Tuhan sebuah kendaraan, kendaraan itulah dirinya. Dalam “menggunakan” kendaraan itu manusia dibebaskan memilih seperti apa ia ingin berperan. Manusia dapat memilih berperan sebagai driver alias pengemudi atau memilih berperan sebagai passenger atau penumpang.

Disini saya tidak akan membahas apa saja sih dampak negatif dari era digital tersebut? Tidak!. Tapi justru saya akan mengajak Anda untuk merasakan seperti apa “Serunya Hidup di Era Digital”. Mungkin akan muncul pertanyaan dalam benak Anda “kenapa hanya memilih positif saja?” karena saya ibaratkan era digital sebagai sebuah kendaraan, dan saya memilih sebagai driver alias pengemudi di era tersebut. Seorang driver sudah tahu persis apa yang menjadi  konsekuensi dan tanggung jawab atas apa yang dikendarainya.

Dahulu ada istilah mengatakan “Buku Adalah Jendela Ilmu”. Sekarang saya rubah istilah tersebut menjadi “Teknologi Adalah Jendela Ilmu”. Kenapa demikian? Di era digital semua bisa menjadi mungkin, yang tidak ada bisa menjadi ada, dan yang tidak tahu bisa menjadi tahu. Kurang seru gimna coba?.

Perkembangan teknologi di era digital sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Seru kan?.

Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan seakan-akan dapat bertatap muka langsung dengan lawan bicaranya.

Dahulu orang ingin pergi kesuatu tempat harus berjalan kaki atau mengayuh sepeda hingga berkeringat dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ketempat tersebut, maka setelah adanya motor, mobil, atau alat transportasi lainnya orang dapat sampai ketempat tujuan dengan cepat bahkan tanpa harus mengeluarkan keringat, dll.

Saya lahir disuatu kampung pedalaman dan dari keluarga yang sederhana yang alhamdulillah bahagia dan juga sentausa. Akses jalan yang tidak layak untuk berpijak, minimnya alat transportasi untuk menunjang ekonomi, sulitnya alat komunikasi dan media informasi untuk sekedar megetahui apa yang sedang terjadi di kampung sebelah.

Anda pasti tahu apa yang saya rasakan pada saat itu? Semua hal yang dulu saya anggap sebagai fatamorgana belaka, dengan adanya teknologi saat ini semua berubah menjadi sesuatu yang nyata. Jalan yang dahulu tidak layak, minimnya alat transportasi, sulitnya alat komunikasi dan media informasi, sekarang dengan berkembangnya teknologi semua keadaan dan kesulitan itu berubah menjadi mudah.

Perlu Anda ketahui bahwa penunjang paling dominan dalam memajukan peradaban manusia di era digital dewasa ini adalah teknologi informasi dan telekomunikasi. Saat ini kebutuhan akan teknologi informasi dan telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah ke bawah dan golongan menengah ke atas. Semisal saya; saya dituntut untuk mempunyai banyak buku sebagai bahan rujukan atau daftar pustaka karya ilmiah saya.

Tetapi dengan adanya teknologi informasi di era digital ini, saya tidak harus mencari dan membeli buku-buku tersebut, saya cukup mempunyai satu-tiga buku dan selebihnya cukup searching dan taraaaaaaa . . .  bahan rujukan atau daftar pustaka sudah ada di depan mata tanpa harus capek-capek mencari dari toko buku satu ke toko buku lainnya, dan itupun gratis. Sudahkah Anda menemukan keseruan di era digital ini?

Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi komunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.

Era digital jelas memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan kecerdasan manusia. Dengan adanya jaringan internet manusia dapat menemukan berbagai macam bahan bacaan penting yang sangat membantu dalam menunjang keilmuan. Internet memudahkan manusia untuk berinteraksi dan bertransaksi secara lebih mudah dan  pastinya efisien.

Terlebih dengan hadirnya jaringan internet berita dapat Anda akses kapanpun dan dimanapun dengan sangat mudah sehingga Anda tidak lagi tergantung pada buku ataupun media cetak lainnya sebagai sumber informasi yang primer.

Jika di masa lalu proses penyebarluasan informasi kepada khalayak luas dilakukan secara tradisional atau menggunakan teknologi tradisional, maka di era digital seperti sekarang proses penyebarluasan informasi dilakukan melalui teknologi baru yang jauh lebih canggih.

Informasi pun dapat dikirimkan dalam berbagai macam bentuk seperti teks atau gambar dan melalui berbagai peralatan teknologi dan informasi seperti smartphone, televisi, dan media komunikasi modern lainnya.

Adapun Serunya hidup di era digital saat ini adalah :

Berkomunikasi menjadi mudah dan cepat

Hidup di era digital
Source : http://yuliusinside.blogspot.com

Di masa lalu, butuhkan waktu yang sangat lama untuk mengirimkan atau memperoleh pesan kepada orang lain. Serunya saat ini, Anda bisa mengirimkan pesan dengan gaya dan pose apapun (kayank mau foto aja bang . . .hehe), dan pastinya cepat, kira-kira tidak sampai satu menit pesan yang Anda kirim sudah diterima  dan sekaligus balasan untuk pesan Anda tadi.

Mempersingkat waktu dan menghemat biaya

Perdagangan adalah kegiatan pertukaran, pembelian, dan penjualan berbagai macam kebutuhan hidup kepada sejumlah orang yang melibatkan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain. Sebelum adanya teknologi seperti sekarang ini, dahulu perdagangan dilakukan secara barter atau bertukar barang.

Setelah adanya teknologi keadaan seperti itu mulai ditinggalkan oleh sebagian generasi muda dan berubah keranah online. Dari sistem online tersebut perdagangan menjadi lebih mudah, apa yang diinginkan bisa langsung didapatkan tanpa harus menyita waktu dan pastinya lebih hemat biaya.

Membuat proses pembelajaran semakin lebih menarik

Dahulu kegiatan belajar mengajar dilakukan di dalam ruangan, dan masih berpedoman pada buku yang telah ditentukan oleh pemerintah sebagai rujukan pokok untuk pembelajaran (seingat saya dahulu namanya buku LKS).

Tetapi dewasa ini, berbagai media pembelajaran yang berbasis komputer dan internet mulai digunakan di dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar tidak lagi hanya terjadi di ruang kelas namun dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Dapat saya katakan bahwa tidak menutup kemungkinan suatu saat lembaga pendidikan akan kurang diminati oleh generasi muda saat ini. Secara semua jenis ilmu pengetahuan dapat diakses dengan mudah melalui internet. Dengan adanya smartphone dan jaringan internet generasi muda dapat belajar kapanpun dan dimanapun tanpa harus pergi ke sekolah, tanpa harus berhadapan dengan bapak/ibu guru. Karena pada intinya adanya lembaga pendidikan tidak lain adalah untuk memperjelas dari siapa ilmu itu diperoleh dan bagaimana cara ilmu itu dipahami (silsilah).

Selain itu, di era digital ini banyak juga para generasi muda menghabiskan waktunya dengan membuat sebuah karya di diberbagai medsos. Ada juga yang menulis di blog mereka masing-masing untuk mereka jadikan sebuah arsip nanti.

Nah bagi Anda yang juga salah satu dari seorang blogger, ni saya kasih saran provider di yang menyediakan hosting murah dengan memberikan fasilitas lengkap yaitu di domainesia. Ini jangan sampai Anda sia-siakan, karna ini sekaligus bisa mengembangkan potensi Anda dalam dunia bloging.

Disana nanti Anda juga akan dipandu untuk cara membuat blog dengan cara yang mudah, simple dan yang jelas tidak membuat Anda pusing. Jika Anda benar-benar minat dan ingin menekuni dalam dunia bloging sekaligus ngerti tentang SEO, blog vatih sangat recomended untuk Anda para pemula.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: