Inilah Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat, Gambar beserta Keterangannya

Pakaian adat Jawa Barat. Selamat datang di portal santaidamai.com kali ini saya akan membahas tentang pakaian adat Jawa barat. Perlu diketahui bawasannya Jawa Barat mempunyai pakaian adat tersendiri yang dan mempunyai keunikan yang beda dengan rovinsi lainnya.

Jawa Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak pada diujung pulau Jawa. Masyarakat Jawa Barat mayoritas penduduknya suku sunda yang mempunyai peradaban yang tinggi sejak zaman silam. Hal ini buktikan adanya penemuan beragam prasasti dan candi peninggalan kerajaan Hindu dan Budha.

Suku sunda sendiri merupakan salah satu suku yang ada di Jawa Barat yang sudah menyebar diberbagai pelosok nusantara. Meskipun demikian suku sunda yang di daerah lain masih mempertahankan kebudayaan yang ditinggali oleh nenek moyang.

Salah satu peninggalan yang tertinggi oleh suku sunda adalah pakaian adat Jawa Barat. Pakaian itu yang biasa dipakai pada saat ada acara resmi. Suku sunda kala itu mempunyai 3 jenis pakaian yang diurutkan dari segi strata sosial. Pakaian tersebut meliputi pakaian untuk kalangan rakyat jelata, baju khas kelas menengah, pakaian untuk kaum bangsawan.

Nah untuk lebih jelasnya tentang pakaian adat Jawa Barat anda bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Pakaian Adat Jawa Barat

Masyarakat suku sunda memilki keunikan tersendiri dalam berpakaian. Pakaian tersebut mepunyai kedudukan berdasarkan pada fungsi, umur, atau tingkatan sosial masyarakat. Dilihat berdasarkan segi strata social pakaian adat Jawa Barat dibedakan menjadi 3 yaitu pakaian adat jelata, kaum menengah, dan para bangsawan.

Pakaian Adat untuk Rakyat Jelata

baju rakyat jelata-2.bp.blogspot.com

Pakaian adat Jawa Barat khususnya suku Sunda dapat dikatakan terlalu istemewa. Dilihat dari pakain seorang kaum laki-laki, mereka hanya memakai celana panjang komprang sampai betis yang dilengkapi dengan ikat pinggang terbuat dari kulit.

Nah untuk bajunya pun kaum lelaki memakai baju salontren yang dilengkapi dengan selempang menyilang di bahu. Pakaian tersebut selalu dipakai sehingga tidak lepas dari keseharian. Agar lebih lengkap dalam berpakaian adat, mereka menggunakan ikat logen yang digunakan untuk menutup kepala dengan bentuk barangbang seplak serta untuk alasnya memakai terumpah yang terbuat dari kayu.

Pakaian adat Jawa Barat untuk kaum wanitya, mereka memakai pakaian yang tidak terlalu istemewa juga. Mereka hanya mengenakan kain batik untuk bawahan, sinjai kebat, beuber untuk ikat pinggang, baju kebaya dan kamisol sebagai bra.

Agar mempercantik dalam hiasan, kaum wanita memakai hiasan rambut yang digelung jucung. Dan aksesoris lainnya seperti gelang akar bahar, cicncin polos, suwes pelenis atau giwang bundar. Dfan untuk alas kaki mereka mengenakan sandal keplek yang biasa disebut dengan nama sandal jepit.

Untuk sebagai contoh pakaian adat sunda untuk rakyat jelata seperti yang dikenakan pada kabayan dan Nyi letung pada suatu film. Sehingga bisa dikatakn rakyat jelata ini lebih condong pada seorang buruh petani yang ada pada Jawa Barat.

 Pakaian Adat Sunda untuk Kaum Menengah

Baju kaum menengah-4.bp.blogspot.com

Pakaian adat sunda ini identik pada seorang saudagar. Tentu mereka terbilang lebih tinggi dalam kedudukan strata sosial. Dalam pakaian jawa Barat ini dikhususkan dengan ada tambhan beberapa penik yang ada di bajunya.

Pakaian jawa barat yang dikenakan pada kaum pria mereka menggunkan baju bedahan, kain kebat batik, beuber untuk ikat pinggang, ikat kepala dan sebagai alas kakinya mereka megenakan sandal tarupah. Agar lebih menarik ndalamm penampilan mereka menambahkan arloji rantai emas yang gantung di saku baju. Aksesoris itu digunakan sebagai kelengkapan dalam berbusana.

Sedangkan pakaian adat Jawa Barat yang dikenakan pada wanita, mereka menggunakan kebaya sebagai atasan, kain kebat batik sebagai bawahan, beuber untuk ikat pinggang, selendang. Untuk alasnya mereka menggunakan selop atau kelom geulis.

Dan sebagai aksesorisnya mereka menambahkan perhiasan berupa kalung, gelang, giwang, dan cincin yang terbuat dari perak.

Pakaian Adat untuk Bangsawan

Baju kaum bangsawan-2.bp.blogspot.com

Pakaian adat Jawa Barat untuk bangasawan digunakan adalah simbol keagungan. Sehingga dari desain pakaian ini lebih rumit estika dibandingkan dengan lainnya. Untuk kaum pria mereka menggunakan pakaian jas tutup yang bahan dasar beludru hitam dengan hiasan sulaman benang emas di ujung dan tepi lengan, kain dodot dengan motif rengreng, sabuk emas, celana panjang, bendo, sabuk emas dan selop hitam.

Sedangkan pakaian untuk wanita mereka mengenakan kebaya beludru hitam, bersulam benang emas, kain kebat motif rereng, dan untuk alasnya berupa selop yang berbahan beludru yang disulam dengan manic-manik.

Agar dalam tampilan tidak kalah menarik, mereka menambahkan berbagai aksesorot. Salah satunya  usuk konde pada rambut yang disanggul, peniti rantai, dan bros.

Pakaian Adat untuk Resmi

pakaian adat jawa barat
Baju resmi-1.bp.blogspot.com

Jawa Barat mempunyai kekayan kebudayaan dalam pakaian. Sehingga mereka membuat pakaian sesuai standart baju adat yang yang sejak dasawarsa terakhir. Sering kita melihat dalam acara pemilihan mojang dan jajaka di Jawa Barat yang memakai pakaian adat tersendiri.

Untuk kaum para jejaka menggunakan jas taqwa . Mereka juga memakai kain batik yang disebut Kain Dodot dan bermotif bebas. Celana panjang yang warnanya pas dengan jas takwa. Mereka juga memakai Bendo sebagai penutup kepala. Semua itu dilengkapi dengan kalung, sebilah keris yang diselipkan di belakan pinggang, alas kaki, dan rantai kuku macan atau jam rantai sebagai hiasan jas takwa.

Sedangkan untuk mojang mereka mengenakan pakaian polos dengan hiasan hiasan manik-manik. Kain batik yang disebut dengan kain kebat. Kain tersebut dikencangkan dengan ikat pinggang yang disebut dengan beuber. Selendang yang biasa disebut dengan keremong sebagai pemanis pakaian.

Selain itu mereka juga menegenakan alas kaki yang warnanya sama dengan kebaya yang dipakai. Sebagai penghias mereka menambahkan berupa tusuk konde, cincin, giwang, kalung. Peniti rantai dan bros.

Pakaian Pengantin Adat Sunda

pakaian adat jawa barat
Baju pengantin-2.bp.blogspot.com

Dalam adat Jawa Barat sunda mereka mempunyai pakaian khusus yang terdiri 3 bagian yaitu tata busanan pengantin putrid, tata busana pengantin siger, tata busana pengantin sukapura. Sekarang pakaian pengantin sudah berbeda sam yang dulu, bahkan sekarang sudah banyak modifikasi untuk penyesuaian zaman.

Meskipun begitu pakaian adat Jawa Barat tidak dirubah secara total. Hanya ada beberapa saja yang tidak boleh diganti karena agar tidak menghilangkan cirri asli pakaian adat Jawa Baratnya.

Selain itu, ada beberapa contoh pakaian Adat jawa Barat Sunda modern yang saya jelaskan dibawah ini.

Baju Adat Sunda Modern Untuk Acara Pernikahan

Selain dikelompokkan sesuai kedudukannya, baju adat Sunda memilki baju khusus dalam acara pernikahan. Dengan perkembangan zaman masyarakat Sunda memilki baju modern khusus untuk acara pernikahan, yaitu :

kebaya Putih Untuk Akad Nikah

www.modelbajuterbaruku.com

Kebaya putih ini sangat disukai para wanita karena mempunyai kecocokan ketika dipakai saat acara resmi. Sehingga kaya putih ini sering dijadikan ruang tersendiri oleh para wanita.

Banyak para pengantin ketika akad nikah memilih memakai pakaian ini. Meskipun sederhana tetapi ada tambahan mahkota sehingga dapat menambah kecantikan saat dipakai pengantin.

Kebaya Modern Untuk Resepsi

contohbajukebaya.com

Setelah selesai akad nikah, seorang pengantin pasti merasa bosan dengan kebaya warna putih. Sehingga agar terbilang beda dan lebih mewah, mereka ganti kebaya yang mempunyai model lain.

Seorang pengantin bisa memilih warna patel atau yang menurut mereka lebih baik ketika dipakai. Rasa percaya diri akan muncul ketika baju yang dikenakan bisa nyaman ketika dipakai.

Kebaya Modern Kombinasi

contohbajukebaya.com

Dengan perkembangan zaman desainer memngeluarkan model yang lebih bagus. Yang dulunya model baju masih kuno, sekarang dikombinasi sedemikian rupa. Kebaya juga dikombinasi oleh para desainer sehingga tampak lebih mewah.

Kombinasi kebaya modern meodel gaun dengan juga menambahkan make up dan minimalis. Sehingga ketika hari pernikahan tampak lebih mewah.

Kebaya Modern Mewah Nan Glamour

contohbajukebaya.com

Agar  lebih mewah dalam acara pernikahan, seorang pengantin menggunakan model gaun yang glamour. Mereka memilih kebaya yang cocok dibadan, seperti gaun yang mempunyai bentuk melebar pada bagian bawahnya. Sehingga dengan begitu seorang pengantin akan lebih tampil mewah dihadapan banyak orang.

Pakaian Adat Sunda Anak Laki-laki

ecs12.tokopedia.net

Dilihat dari tampilannya, pakaian adat sunda untuk anak laki-laki sanagt feminim. Pada umumnya pakain ini sering digunakan anak-anak dalam acara pawai atau acara resmi lainnya. Selain corak warna coklat merona, ada juga warna corak lainnya.  Pada dasarnya pakaian tersebut dilengkapi dengan blangkon sebagai tutup kepala dan jarik untuk bagian bawahanya.

Pakaian Adat Sunda Anak Perempuan

ecs7.tokopedia.net

Untuk pakaian adat untuk anak-anak sangat simpel. Tetapi meskipun begitu, Pakaian yang dipakai seorang anak yang masih unyu-unyu tetap aja tampil  cantik. Apalagi kalau dimodifikasi dengan model-model glamour pasti akan lebih mewah.

Nah itulah keunikan pakaian adat Jawa Barat, baru satu provinsi saja memilki banyak kekayaan dari segi pakaian. Masih banyak kebudayaan dari berbagai provinsi yang ada negeri ini. Kita selaku warga Indonesia harus banyak bersyukur.

Demikian pembahasan terkait keberagaman pakaian adat Jawa Barat, semoga bisa menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga : Inilah Upacara Adat Jawa Yang Perlu Anda Ketahui (LENGKAP)

1 thought on “Inilah Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat, Gambar beserta Keterangannya

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: