√ Keunikan Pakaian Adat Jawa | Gambar beserta Penjelasannya

Berbicara mengenai kebudayaan di Indonesia, tentu tidak akan ada habisnya. Karena memang Negara Indonesia terkenal akan salah satu Negara yang memiliki beragam kebudayaan dimasing-masing daerah. Bukan hanya kebudayaan Indonesia saja yang sudah mendunia, namun beragam jenis pakaian adat bisa menarik perhatian dunia luar. Salah satu pakaian adat yang sudah sampai di kancah dunia yaitu pakaian adat Jawa.

Dari sekian banyak pakain adat Jawa, mungkin kita semua sudah tidak asing lagi mendengar pakaian batik. Ya memang kain-kain batik di Jawa sangatlah khas, ditambah lagi dengan corak yang cukup menarik mata. Walaupun saat ini perkembangan zaman sudah sangat maju, khususnya dunia fashion yang semakin modern.

Namun pakaian adat Jawa masihlah menjadi incara banyak orang. Banyak orang yang mengatakan bahwa pakaian tradisional merupakan sumber referensi dari pakaian modern saat ini. Langsung saja simak pembahasan mengenai beberapa jenis pakaian daerah jawa yang akan kami sampaikan berikut ini.

Mengenal Pakaian Adat Jawa

Pakaian adat Jawa atau yang sering disebut dengan pakaian khas Jawa merupakan salah satu jenis pakaian tradisional yang terus berkembang dari dulu sampai sekarang. Biasanya setiap daerah memiliki jenis dan gaya pakaian sendiri, begitu juga yang ada di Jawa banyak sekali jenis pakaian yang tidak kalah dengan pakaian modern saat ini.

Bahkan sebuah pakaian adat jawa akan memperlihatkan keanggunan dan elegan bagi pemakainya. Selain itu pakain khas juga terbuat dari bahan-bahan yang berbeda dengan pakaian pada umumnya, sehingga kualitas dari sebuah pakaian khas akan selalu terjaga.

Pakaian Adat Jawa Tengah

Pulau Jawa sendiri memiliki beberapa Daerah, tentu setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya yaitu pakaian adat Jawa Tengah. Berikut beberapa jenis pakaian adat dan gambar pakaian adat jawa Tengah:

 

  • Beskap Dan Surjan

Pakaian adat jawa

 

Ini merupakan salah satu jenis dari pakaian adat Jawa Tengah yang sudah sangat popular. Dimana beskap sendiri merupakan pakaian adat Jawa Tengah yang memiliki bentuk seperti jas. Menurut sejarah, bahwa yang mendesain pakaian ini yaitu orang-orang Belanda pada zaman dahulu. Selain itu di Kota Yogyakarta ada dua jenis pakaian adat yaitu surjan lurik dan surjan kembang. Pada dasarnya kedua pakaian ini hamper sama, namun yang membedakan pada bagian dan bentuk kancingnya.

 

  • Kebaya

 

Siapa sih yang tidak tahu pakaian kebaya, mungkin semua orang sudah sangat familiar dengan pakaian adat jawa satu ini. Ya memang pakaian ini kerap kali dijumpai pada saat acara-acara tertentu, seperti pernikahan, upacara, dll. Kebaya sendiri saat ini bisa dibilang mampu bersaing dengan pakain modern saat ini. Karena memang pakaian ini memperlihat keanggunan dan keeleganan penggunanya.

 

  • Batik

Pakaian adat jawa

 

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika salah satu jenis pakaian adat Jawa yang sudah mendunia yaitu batik. Ada banyak sekali jenis dan corak batik dari Jawa Tengah yang sudah menjadi trend masa kini. Bahkan di Indonesia sendiri sudah terselenggara adanya hari Batik Nasional.

 

  • Jarik

 

Pakaian satu ini bisa digambarkan melambangkan sebuah status social, biasanya pakaian ini banyak dikenakan oleh orang yang sudah sepuh atau tua. Makna dari pakaian ini yaitu sebagai gambaran tingkay hidup manusia.

 

  • Jawi Jangkep

 

Jika Kebaya hanya dipakai oleh seorang wanita saja, di Jawa sendiri ada salah satu jenis pakaian adat Jawa yang bisa dipakai pria. Pada dasarnya pakaian ini merupakan gabungan dari pakaian beskap, namun terdapat tambahan motif kembang.

Pakain Adat Jawa Timur

Di Jawa Timur sendiri juga terdapat banyak sekali jenis pakaian adat Jawa Timur, berikut akan kami berikan ulasan lengkapnya dibawah ini.

 

  • Baju Cak Dan Baju Ning

Baju Cak Dan Baju Ning

 

Di daerah Jawa Timur sendiri setiap tahunnya rutin diadakan ajang pemilihan bujang dan gadis. Biasanya masing-masing pasangan akan mengenakan sebuah pakaian khas jawa, nama pakaian daerah jawa ini yaitu baju cak dan baju ning.

 

  • Pakaian Adat Mantenan

Pakaian Adat Mantenan

 

Dalam sebuah acara pernikahan, tidak jarang pula dijumpai banyak pasangan yang mengenakan pakaian adat masing-masing daerah. Tentu setiap daerah memiliki ciri dan motif yang berbeda. Di daerah Jawa Timur pakaian mantenan biasanya memiliki beberapa hiasan pada bagian atasnya, baik untuk penutup kepala atau odheng, dan masih banyak lainnya.

 

  • Baju adat pesaan

Baju adat pesaan

 

Baju pesaan merupakan salah satu nama baju adat Jawa Timur yang sudah sangat terkenal. Walaupun baju pesaan kebanyakan dikenakan oleh orang Madura dari pesisir utara dalam kesehariannya. Namun saat ini baju pesaan sendiri sudah menjadi salah satu symbol budaya dari Jawa Timur.

Pakaian Adat Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang terkenal akan kainnya cukup bagus. Nah berikut beberapa jenis pakaian adat jawa barat:

 

  • Pakaian Adat Sunda Laki-Laki Dan Perempuan Untuk Rakyat Jelata

 

Baju adat sunda laki-laki untuk jelata pada dasarnya sangat sederhana, dimana mereka hanya mengenakan sebuag celana panjang sampai dengan betis dan ikat menggunakan kain atau kulit. Sedangkan untuk bagian atasnya mengenakan baju selontreng dan sarung poleng yang sudah ditata menyilang.

Sedangkan untuk pakaian adat sunda perempuan jelata pada bagian bawahnya mengenakan kain batik, ikat pinggang menggunakan beuber, dan kamisol untuk bra. Biasanya untuk menambah keindahan, wanita bisa menambahkan hiasan pada rambut seperti jucung bun, gelang akar bahar, dll.

 

  • Pakaian Adat Sunda Lak-Laki Dan Perempuan Kaum Menengah

 

Untuk pakaian adat Jawa satu ini lebih identic dikenakan bagi kaum pedagang atau saudagar. Biasanya kaum pria mengenakan sebuah baju bedahan warna putih, menggunakan kain batik, dan alas kaki dengan tarumpah serta dilengkapi dengan adanya ikat kepala.

Sedangkan untuk kaum perempuannya mengenakan kain kebat batik yang digunakan sebagai atasannya, beuber yang digunakan sebagai selendang, serta tambahan hiasan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

 

  • Pakaian Adat Sunda Laki-Laki Dan Perempuan Kaum Bangsawan

Pakaian Adat Sunda Laki-Laki Dan Perempuan Untuk Rakyat Jelata

 

Untuk pakaian adat jawa ini biasanya seorang pria bangsawan akan mengenakan sebuah jas tutup dengan bahan dasar beludru hitam lengkap dengan hiasan sulaman benang emas pada bagian ujung dan tepi lengan. Belum lagi ditambah dengan kain dodot yang memiliki motif rengreng, sabuk emas, dll. Pada bagian bawahnya mengenakan celana panjang, bendo, dan selop hitam.

Sedangkan untuk kaum perempuan biasanya mengenakan sebuah kebaya yang berbahan dasar sama dengan pakaian adat laki-laki. Namun pada bagian alas kaki terdapat hiasan manik-manik, dan untuk memperindah tampilan kaum wanita bisa menambahkan tusuk konde atau barang lainnya.

 

  • Pakaian Adat Sunda Untuk Acara Resmi

Pakaian Adat Sunda Lak-Laki Dan Perempuan Kaum Menengah

 

Di Jawa Barat sendiri ketika menghadiri sebuah acara resmi, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah pakaian Mojang dan Jajaka. Pada dasarnya pakaian ini hamper sama dengan pakaian yang sudah kami sebutkan diatas, namun pakaian ni lebih elegan dan indah. 

Demikian info mengenai beberapa jenis pakaian adat Jawa yang sudah kami sampaikan diatas. Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk anda, khususnya untuk menjaga kebudayaan Indonesia tetap terjaga.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: